Selasa, 15 Agustus 2017

Puasa Bulan Muharram

Puasa Bulan Muharram

mUHARRAM 1435Bulan muharram merupakan bulan yang penuh keutamaan dan kemuliaan dari empat bulan lainnya, yang memiliki kehormatan di sisi Allah SWT. Sebagaiman sabda Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam  “Sesungguhnya zaman telah berputar kembali seperti bentuknya ketika Allah menciptakan langit-langit dan bumi, satu tahun itu 12 bulan dan di antaranya ada 4 bulan haram (yang memiliki kehormatan), 3 bulan (di antaranya) berturut-turut : Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah, Muharram dan bulan Rajabnya Mudhor yang berada antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Pada bulan muharram  ini kita disunatkan melaksanakan puasa sunnah. Berikut beberapa keterangan / dalil seputar puasa dibulan muharram..
  1. HaditsRasulullah SAW
    أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ
    Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah).
-baca selengkapnya->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar